--> Skip to main content

Rekreasi ke Hutan Dapat Meningkatkan Memori

Capek lelah dan tidak bersemangat kadang kita dapat ketika selesai mengerjakan pekerjaan kantor. Hal tersebut sangat lumrah, apalagi ketika banyak kerjaan yang menumpuk. Untuk menghilangkan penat tersebut caranya cukup mudah, hanya perlu luangkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan dan bersantai.


Dikuti vivalife, menurut penelitan terbaru, cukup dengan jalan-jalan maka rasa penat di kepala luntur. Profesor Sara Warber, dari Universitas Michigan di Amerika Serikat, mengatakan bahwa hasil penelitian membuktikan manusia akan jauh merasa lebih baik setelah mereka lepas dari rutinitas yang penuh dengan tekanan. "Kombinasi antara manusia dan alam menjadi cara efektif mengurangi stres," katanya. Tempat yang bagus untuk melepas penat dan direkomendasikan adalah lokasi yang memiliki udara segar, seperti hutan, pegunungan, taman, atau pantai.

Aktivitas sederhana, seperti jalan-jalan di taman dengan sahabat dapat mengurasi lelah otak dan menghilangkan penat. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan emosi positif dan juga berkontribusi mengurangi kondisi depresi. Selain itu dengan berjalan kurang lebih 40 menit per hari juga bisa meningkatkan kapasitas kemampuan otak manusia, meningkatkan memori, serta melindungi dari demensia.

Lebih lanjut para ahli mengatakan, menghirup dan berjalan di area yang berudara segar dapat membuat konsentrasi menjadi lebih baik. Penelitian dua tahun lalu mengemukakan bahwa orang yang menikmati suasana hijau hutan akan meningkatkan 16 persen memori, dibanding kita jalan-jalan di perkotaan yang sesak.

Jadi bagi anda yang hari-hari bekerja di perkantoran untuk mencoba luangkan sebagian waktu kosong berjalan-jalan di hutan untuk refreshing.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar