--> Skip to main content

Pengertian Yodium dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

pengertian yodium dan manfaatnya bagi kesehatan
Pengertian Yodium dan Khasiatnya bagi kesehatan. Mendengar kata yodium selalu dapat dikaitkan dengan garam. Karena salah satu sumber terbesar yodium adalah garam. Yodium dalam bahasa Yunani yaitu Iodes - ungu. Unsur kimianya pada tabel periodik yang memiliki simbol I dan nomor atom 53. Yodium adalah halogen yang reaktivitasnya paling rendah dan paling bersifat elektropositif. Sebagai catatan, seharusnya astatin lebih rendah reaktivitasnya dan lebih elektropositif dari pada yodium, tapi kelangkaan astatin membuat sulit untuk mengkonfirmasikan hal ini.

Selain garam, sumber yodium terdapat juga pada makanan laut seperti ikan, kerang, cumi-cumi dan rumput laut, serta telur, susu, dan daging juga merupakan sumber yodium. Yodium terutama digunakan dalam medis, fotografi, dan sebagai pewarna. Seperti halnya semua unsur halogen lain, yodium ditemukan dalam bentuk molekul diatomik.

Dibawah ini adalah manfaat yodium bagi kesehatan tubuh :
  1. Mengendalikan tingkat metabolisme dasar tubuh
  2. Merangsang aktivitas hormonal
  3. Mempertahankan tingkat energi yang optimal
  4. Mencegah bentuk berbahaya dari kanker
  5. Membentuk kulit sehat dan mengkilap
  6. Membantu mengeluarkan racun kimia dalam tubuh
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  8. Mencegah kelenjar tiroid yang membesar

sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Yodium
https://plus.google.com/u/0/115103747653688047030/posts
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar