--> Skip to main content

Pengertian Penyakit FAM (Fibroadenoma Mammae) Gejala dan Penyebab

Pengertian Penyakit FAM Fibroadenoma Mammae) Gejala dan Penyebab

FAM (Fibroadenoma Mammae) adalah penyakit tumor jinak yang menyerang payudara bentuknya seperti benjolan berbatas jelas dan yang dapat digerakkan. Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita usia remaja atau yang berumur sekitar 20 tahun.

Banyak yang mengira bahwa benjolan di payudara sebagai kanker. Namun tidak semua benjolan di payudara merupakan kanker payudara. Dan bisa jadi benjolan ini hanya tumor jinak. Yang perlu diwaspadai adalah walaupun FAM termasuk dalam tumor jinak, tetapi tidak menutup kemungkinan mengarah ke arah tumor ganas.

FAM merupakan tumor Payudara Jinak dan tidak mematikan. Tumor FAM biasanya berbentuk benjolan pada bagian payudara, dimana berisi gumpalan lemak yang terbungkus dan dilindungi oleh sesuatu yang menyerupai sebuah kantong. Tumor jenis ini tergolong jinak dan juga tidak menyebar ke anggota tubuh yang lainnya.



Gejala
  1. Berikut dibawah ini merupakan gejala umum FAM
  2. Secara makroskopik : tumor bersimpai, berwarna putih keabu-abuan, pada penampang tampak jaringan ikat berwarna putih, kenyal
  3. Terdapat bagian yang menonjol ke permukaan dan terjadi penekanan pada jaringan sekitar
  4. Benjolan memiliki batas yang tegas
  5. Bila diameter mencapai 10 – 15 cm muncul Fibroadenoma raksasa (Giant Fibroadenoma)
  6. Memiliki kapsul dan soliter
  7. Benjolan biasanya berbentuk seperti kelereng dan dapat digerakkan (tidak menempel dengan kuat)
  8. Pertumbuhannya lambat
  9. Mudah diangkat dengan lokal surgery
  10. Bila segera ditangani tidak menyebabkan kematian
  11. Biasanya benjolan ini muncul di seluruh payudara. Namun dari beberapa kasus lebih sering pada 1/3 bagian luar atas jaringan payudara atau dekat ketiak, dan di sekitar puting susu.

Pemeriksaan

Untuk mengetahui FAM dapat dilakukan pemeriksaan secara FISIK, jika ada keluhan terdapat benjolan di payudara maka dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut yaitu ULTRASONOGRAFI, sangat berguna untuk membedakan lesi solid dan kistik setelah ditemukan kelainan pada mamografi.

Faktor penyebab

Sebagian besar penyebab FAM dikarenakan faktor hormonal. Sehingga selama wanita masih produktif kemungkinan akan tumbuh lagi sangat besar. Untuk itu sebaiknya juga untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan. Selain itu dapat melakukan control rutin untuk pencegahan lebih lanjut.

Sumber referensi :
http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/06/15/fam-fibroadenoma-mammae-565275.html diakses tanggal 18 Mei 2015

http://caramenyembuhkanlipoma.com/perbedaan-fam-dan-kanker-payudara.html diakses tanggal 18 Mei 2015
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar