--> Skip to main content

Pengertian Penyakit Virus Corona (Korona Virus) Penyebab dan Gejala


Beberapa hari ini kita dihebohkan dengan mewabahnya virus korona di Wuhan, Cina. Dengan hanya hitungan minggu penyebaran virus ini sangat begitu cepat. Menurut data yang ada diberita, bahwa sudah ratusan orang terinfeksi dan jutaan orang di karantina di kota Wuhan. Menurut catatan medis virus corona ini masih kerabat dengan virus MERS dan SARS. Virus ini menyebabkan penyakit flu, hingga penyakit yang lebih parah. Untuk itu mari kita mengenal apa itu koronavirus.

Pengertian Penyakit Virus Corona (Korona Virus) Penyebab dan Gejala

Pengertian Virus Korona (Coronavirus)

Menurut Wikipedia Koronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia). Struktur tubuh virus (virion) ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer (envelope), glikoprotein yang menyerupai paku (spike), genom RNA positif, dan protein nukleokapsid. Glikoprotein koronovirus dapat berikatan dengan glikoprotein permukaan sel inang secara spesifik untuk memulai terjadinya infeksi.
Koronavirus diklasifikasikan menjadi tiga golongan utama yaitu:

1. Golongan 1 dan 2 menginfeksi mamalia, mulai dari kelelawar hingga manusia
2. Golongan 3 hanya ditemukan pada spesies avian (burung).

Infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala penyakit yang bervariasi, mulai dari hampir tidak timbul gejala apapun hingga gejala yang fatal dan cepat terutama menyebabkan pneumonia. Infeksi koronavirus dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti bronkitis, ensefalitis, gastroenteritis, dan hepatitis.

Gejala Virus Korona

Gejala dari virus korona mirip dengan yang disebabkan oleh SARS termasuk demam, batuk dan kesulitan bernafas. Beberapa gejala mirip dengan SARS, tetapi ada beberapa perbedaan seperti tidak adanya gejala saluran pernapasan atas (pilek, bersin dan sakit tenggorokan). Namun menurut beberapa informasi juga bahwa kadang orang yang terinfeksi virus ini tidak memiliki gejala-gejala seperti diatas sama sekali.

Penyebaran Virus Korona

Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok. Pemerintah Tiongkok mengatakan virus corona ini berasal dari hewan liar yang dijual di pasar seafood Huanan.  Sampai saat itu, para warga yang suka jalan-jalan yang terinfeksi dari Wuhan menularkan virus ini ke negara-negara lain. Sampai saat ini, virus corona sudah menyebar ke beberapa negara yaitu Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Vietnam, dan Amerika Serikat

Virus Corona merupakan penyakit zoonosis, yang artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika juga telah menegaskan mengenai hubungan antara kelelawar dan virus Corona. Menurut ahli di sana, virus corona merupakan virus yang beredar pada beberapa hewan, termasuk unta, kucing, dan kelelawar.

Awalnya virus corona ini sama sekali tidak berevolusi dan menginfeksi manusia tetapi kini menjadi bukti bahwa virus ini bisa menyebar dari hewan ke manusia.

Pengobatan Virus Corona

Hingga Saat ini belum ada pengobatan khusus maupun vaksin yang bisa menolong dari virus ini. Dalam kebanyakan kasus, tenaga kesehatan hanya berupaya menangani gejala yang ada. Saat ini ilmuwan China tengah melakukan penelitian untuk menemukan vaksin corona.  "Kami belajar bahwa epidemi dapat dikendalikan tanpa obat-obatan atau vaksin, menggunakan pengawasan yang ditingkatkan, isolasi kasus, pelacakan kontak, PPE dan langkah-langkah pengendalian infeksi," kata Raina MacIntyre, kepala program penelitian biosekuriti di Kirby Institute, Universitas New South Wales.

Komisi Kesehatan Kota Shanghai mengatakan bahwa pasien yang pertama terkena virus mematikan Corona telah sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. Ia bernama Chen, seorang perempuan berusia 56 tahun, seperti dilansir dari The Star, Senin (27/1).

Chen sendiri menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam sistem pernapasannya setelah pemindaian CT paru dan dua tes darah. Akhirnya, Chen terbebas dari Coronavirus, pada Minggu (26/1) seperti yang disebut oleh koran harian Beijing, milik pemerintah.

Pencegahan Virus Corona

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran penyakit ini, WHO merekomendasikan serangkaian langkah yakni menjaga kebersihan tangan, kebersihan penafasan dan sejumlah cara seperti Anda mengurangi resiko tertular flu. Berikut ini secara lengkap sejumlah caranya:

1. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol.

2. Tutupi hidung dan mulut ketika batuk dan bersin dengan tisu atau siku Hindari melakukan kontak dengan siapapun yang terkena flu, deman maupun gejala flu lain

3. Masak daging dan telu sampai matang

4. Kenakan perlindungan saat melakukan kontak dengan binatang liar ataupun binatang yang diternak atau dipelihara.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar