--> Skip to main content

Ketahuilah Ini Dia Salah Satu Penyebab Gagal Ginjal

Ketahuilah Ini Dia Salah Satu Penyebab Gagal Ginjal
Penyakit gagal ginjal adalah merupakan penyakit yang cukup membahayakan. Dan banyak rakyat Indonesia yang terkena penyakit ini. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, dr. Anung Sugihantono. Ia mengatakan bahwa saat ini jumlah penderita gagal ginjal di Indonesia yang harus menjalani cuci darah sekitar 1.050.000 orang. Hal ini membuat dana yang harus dikeluarkan untuk cuci darah diperkirakan mencapai 1 trilyun per minggunya.

"Saya yakin diantaranya diawali karena pengelolaan minum air yang tidak sempurna," terang dokter Anung usai peluncuran buku Pedoman Kebutuhan Cairan bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif di Hotel Le Meridien Jakarta seperti yang dikutip dari health liputan 6.

Untuk mengetahui penyebab-penyebab gagal ginjal, ia berharap agar buku yang ia tulis ini bisa menjangkau para pekerja agar memperhatikan asupan cairan yang dikonsumsinya, terutama pekerja yang bekerja di industri kecil menengah atau sektor informal.

"Tadi saya berbincang dengan Perhimpunan Dokter Okupasi Indonesia (PERDOKI) bahwa sebagian besar pekerja di sektor industri kecil menengah inilah yang masih kurang mengetahui fungsi dan pentingya air saat bekerja sehingga buku ini penting untuk dibaca oleh mereka," terang dokter Anung.

Selain asupan air yang kurang optimal, dokter Anung mengatakan bahwa penyebab lainnya adalah pola makan, pola hidup, penggunaan obat tertentu yang tidak terkontrol, hingga kelaianan bawaan pada ginjal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar