Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

5 Makanan Yang Dapat Membantu Membersihkan Gigi

5 Makanan Yang Dapat Membantu Membersihkan Gigi
Teh hitam (foto:greekfood.about.com)
Untuk menjaga kebersihan gigi, biasanya kita menggosok gigi dua kali sehari. Namun sebenarnya ada juga makanan yang dapat menjaga kesehatan gigi anda. Ini pun juga dipertegas oleh dokter anak dari University of Illinois, Christine D. Wu yang mengatakan bahwa makanan tepat berikut bantu menjaga kesehatan gigi seperti dilansir Live Science dalam laman health liputan 6.


1. Teh

Kandungan polifenol dalam teh hitam dan hijau bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan bakteri di mulut. Caranya dengan berkumur dengan teh hitam. Menurut penelitian University of Illinois di Chicago bahwa berkumur dengan teh hitam selama satu menit sebanyak 10 kali sehari cenderung memiliki plak pada gigi lebih sedikit dibandingkan yang hanya berkumur dengan air biasa.

2. Susu

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Dental Association menyatakan bahwa konsumsi susu dapat menurunkan level asam di mulut.

"Susu menetralisir asam yang dihasilkan bakteri penyebab plak. Namun susu manis akan berdampak buruk bagi gigi," terang Wu.

3. Kismis

Dalam kismis terdapat kandungan fitokimia yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Buah dan sayur

Ketika kita mengonsumsi buah dan sayur dengan cara di kunyah ini dapat mengganggu plak dan berfungsi seperti pembersih gigi dan mulut.

5. Ikan dan Telur

Ikan dan telur mengandung fosfor yang tinggi yang dapat menjaga lapisan pelindung gigi (email) tetap sehat dan kuat seperti diungapkan oleh American Dental Association.


Itulah 5 makanan yang dapat membantu membersihkan gigi anda. semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Makanan Yang Dapat Membantu Membersihkan Gigi"

Post a Comment