--> Skip to main content

Pengertian Batuk, Jenis dan Penyebabnya

pengertian batuk, jenis dan penyebabnya
Pengertian Penyakit Batuk, Jenis dan Penyebabnya. Banyak orang mengira bahwa batuk adalah suatu penyakit. Namun sebenarnya batuk adalah reaksi dari penyakit lain yang menggangu system pernapasan atas. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Baca Juga : Fakta Kesehatan Berhenti Merokok

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu yang terjadi pada saluran pernapasan, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Batuk Akut dan Kronis

Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu.
  1. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.
  2. Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.FM JB


Jenis Batuk

Batuk Berdahak
Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dahak yang berwarna kuning atau kehijauan akibat terjadinya infeksi pada saluran pernafasan. Dahak pada batuk ini bisa menyumbat pernafasan apabila tidak segera ditangani dan diatasi.

Batuk Kering
Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai oleh dahak dengan saluran pernafasan terasa gatal yang luar biasa sehingga merangsang batuk.

Batuk Khusus
Batuk khusus adalah batuk yang terjadi sebagai efek dari suatu penyakit tertentu, seperti penyakit TBC, Asma, penyakit jantung lemah dan lain sebagainya.

Penyebab batuk

Berikut ini adalah penyebab terjadinya reaksi Batuk :
  1. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA). Inilah penyebab paling umum yang merupakan gejala flu.
  2. Alergi
  3. Asma atau tuberculosis
  4. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  5. Tersedak akibat minum susu
  6. Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  7. Masalah emosi dan psikologis (untuk batuk psikogenik)
Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian penyakit batuk jenis dan penyebabnya.
Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Batuk
http://obatbatuktradisional.com/?Pengertian_Atau_Definisi_Penyakit_Batuk
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar