--> Skip to main content

Pengertian Penyakit Kenker Lidah, Penyebab dan Pencegahan

Pengertian Penyakit Kenker Lidah, Penyebab dan cara pencegahan. Baru-baru ini kita dihebohkan dengan kasus kanker lidah yang lagi viral di facebook. Kanker lidah ini merenggut nyawah seseorang. Nah disini admin akan bahas mengenai apa sih itu kanker lidah? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

Pengertian Penyakit Kenker Lidah, Penyebab dan Pencegahan

Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker yang berkembang pada sel-sel lidah. Pertumbuhan kanker ini paling sering dapa sel skuamosa yang ada di permukaan lidah. Sel skuamosa ini adalah sel yang berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan tenggorokan. Sehingga kanker lidah yang bermula dari sel ini disebut juga dengan kanker sel skuamosa.

Jenis Kanker Lidah

Struktur Lidah manusia terdiri dari dua bagian, yaitu bagian lidah depan yang terletak dalam mulut dan bagian pangkal lidah yang terletak di dekat tenggorokan. Jenis kanker yang berkembang pada lidah bagian depan termasuk dalam kategori kanker mulut. Sedangkan yang tumbuh pada bagian pangkal lidah disebut kanker orofaring.

Penyebab umum

Penyebab umum kanker lidah adalah Alkohol dan tembakau, karena diduga menjadi penyebab utama kemunculan kanker lidah. Alcohol dan tembakau memiliki sifat karsinogenik atau mudah menyebarkan kanker. Zat-zat yang bersifat karsinogenik sendiri umumnya mengandung unsur kimia yang dapat merusak DNA. Sehingga jika DNA mengalami kerusakan maka dapat memicu munculnya kanker.

Gejala-gejala Kanker Lidah

Gejala-gejala yang mengindikasikan kanker lidah meliputi:
  1. Sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus.
  2. Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.
  3. Sakit saat menelan.
  4. Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  5. Perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.
  6. Rasa sakit pada telinga (gejala yang jarang terjadi).

Faktor-faktor Pemicu Kanker Lidah

Sebenarnya penyebab dari kanker lidah sendiri belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor tertentu yang diyakini memicu kemunculan kanker. Faktor tersebut adalah:
  1. Rokok. 85 persen kanker yang terjadi pada daerah kepala dan leher, termasuk lidah, disebabkan oleh konsumsi tembakau.
  2. Minuman keras (alkohol). Konsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang relatif banyak juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah.
  3. Human papillomavirus (HPV). Walau jarang terjadi, virus HPV dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga memicu kanker. Ini merupakan virus yang terjadi jika bersentuhan langsung dengan kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi virus HPV atau juga melalui kontak seksual, seperti hubungan intim, seks anal, maupun seks oral.
  4. Higienitas mulut yang rendah. Kanker lidah juga dapat dikaitkan dengan luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh.

Pengobatan Kanker Lidah

Seperti penyakit kanker lainnya, cara pengobatan kanker lidah yaitu dengan operasi, radioterapi atau kemoterapi.

Referensi:

Aladokter
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar