Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Anda

Banyak orang menghindari sinar matahari, padahal sinar matahari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan oleh peneliatan yang dilakukan University of Edinburgh di Inggris. Nah dibawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari paparan sinar matahari seperti yang dilansir rona metrotvnews.

1. Menurunkan tekanan darah

Ketika kulit terkena sinar matahari terdapat senyawa nitric oxide yang membantu menurunkan tekanan darah dilepaskan ke dalam pembuluh darah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang usia Anda.

2. Menjaga kesehatan tulang

Sinar matahari identik dengan vitamin D. Ketika terkena paparan sinar matahari maka tubuh akan memproduksi vitamin D. Dan hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kepadatan tulang dan vitamin D3 dimana bila tingkat vitamin D3 lebih tinggi dalam darah, maka risiko terkana semua jenis patah tulang sangat rendah.


3. Meningkatkan fungsi otak

Vitamin D juga ternyata baik untuk kesehatan otak. Sebuah studi menemukan bahwa sering terkena sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus pada otak. Sel saraf tersebut bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

4. Meringankan depresi

Sinar matahari juga dapat mengatasi depresih loh sobat. Sinar matahari dapat meningkatkan kadar antidepresan alami di otak yang membantu untuk meringankan depresi ringan dan bentuk depresi lainnya.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Mata yang terkena paparan sinar matahari akan membuat tubuh memproduksi melatonin yaitu hormon yang berfungsi untuk membuat rasa mengantuk dan membantu tidur. Jika tingkat produksi melatonin kurang pada malam hari, ini disebabkan karena kurangnya terkena paparan sinar matahari sehingga dapat membuat kualitas tidur yang buruk. Ini yang sering dialami oleh orang dewasa dan lansia.

6. Mengurangi gejala Alzheimer

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita alzeimer yang terkena sinar matahari pagi – hingga sore sedikit mengalami depresi, mengurangi terjaga di malam hari, dan agitasi dari pada mereka yang jarang terkena sinar matahari.

7. Menjaga kesehatan kulit

Ingin agar kesehatan kulit anda tetap terjaga? Cobalah untuk terkena paparan sinar matahari yang cukup setiap harinya. Dengan begitu anda akan terhindar dari risiko jerawat, sporialis, eksim, penyakit kuning dan infeksi kulit lainnya.

8. Baik untuk pertumbuhan anak

Menurut sebuah studi bayi yang berumur 1 bulan lebih yang terkena paparan sinar matari dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi tubuh bayi.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sel darah putih dalam tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat meningkatkan sel-sel darah putih dengan paparan sinar matahari. Dengan meningkatnya sel darah putih dapat membantu tubuh memerangi berbagai infeksi.

10. Mengurangi risiko kanker tertentu


Vitamin D hasi paparan sinar matahari bukan hanya membantu menjaga kesehatan tulang anda, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker loh. Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar. Hal ini juga diperkuat dengan hasil sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin D dapat menurunkan risiko kanker sebesar 60 persen.

0 Response to "Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Anda"

Post a Comment