Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

5 Makan Yang Dapat Menjaga Pendengaran

5 Makan Yang Dapat Menjaga Pendengaran
ilustrasi pendengaran (shutterstock/zwola fasola)
Pendengaran merupakan indera yang sangat penting bagi manusia. Namun seiring bertambah usia, indera pendengaran juga akan semakin menurun. Namun tentu ada beberapa cara untuk menjaga pendengaran tetap tajam. Salah satunya adalah dari makanan yang kita konsumsi.

Berikut beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan pendengaran seperti dilansir merdeka.com

1. Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber lemak omega-3 dan vitamin D, contohnya adalah ikan salmon dan tuna. Fungsi dari lemak omega-3 adalah dapat menjaga jantung dan mencegahnya menurunnya kualitas pendengaran.

2. Sayur

Sayuran yang mengandung antioksidan, terutama yang berbentuk asam folat seperti bayam, asparagus, kacang-kacangan, telur atau brokoli dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran hingga 20 persen.



3. Pisang

Pisang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu mencegah gangguan pendengaran. Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan. Dari hasil penelitiannya mengatakan bahwa magnesium bekerja sebagai pelindung untuk sel-sel rambut halus di telinga bagian dalam dan memerangi efek radikal bebas yang dipancarkan oleh suara keras.

4. Dark Chocolate

Dark Chocolate merupakan makanan favorit. Selain enak juga merupakan sumber seng, yang menjaga sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel dan membantu melawan infeksi telinga yang dapat mengurangi kualitas pendengaran.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan kalium, vitamin C dan E. Vitamin C dan E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan ekstrem. Dimana vitamin E merevitalisasi pembuluh darah dan saraf dan vitamin C meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kombinasi keduanya dapat membantu mencegah infeksi telinga.

Itulah 5 makanan yang dapat mencegah menurunnya pendengaran. Walaupun sebenarnya kita tidak dapat menghindari penuaan tapi kita setidaknya bisa mengurangi prosesnya.

0 Response to "5 Makan Yang Dapat Menjaga Pendengaran"

Post a Comment