--> Skip to main content

6 Fakta Menarik Tentang Penyakit Kusta

6 Fakta Menarik Tentang Penyakit Kusta
ilustrasi kista (foto:©dailyrecord.co.uk)
Penyakit kusta merupakan penyakit yang merusak kulit. Tapi tidak hanya itu kusta juga bisa dengan cepat merusak sarat, anggota tubuh gerak dan mata. Sehingga penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang ditakuti dan seringkali penderita kusta dijauhi karena takut tertular.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai pengertian penyakit kusta. Dan kali ini saya akan mengupas fakta tentang penyakit ini. Berikut 6 fakta penyakit kusta yang perlu anda ketahui seperti yang dilansir merdeka.com;

1. Masuk dalam salah satu penyakit tertua di dunia

Kusta atau Hansen’s Disease merupakan salah satu penyakit tertua di seluruh dunia. Nama Hansen’s Disease berasal dari nama ilmuwan yang menemukannya yaitu Armauer Hansen. Kusta merupakan penyakit menular yang menyerang sistem saraf dan bagian tubuh lain seperti tangan, kaki, dan wajah.

2. Disebabkan oleh bakteri

Penyebab penyakit ini adalah bakteri yang disebut Mycobacterium leprae. Gejala yang paling umum dari penyakit kusta adalah munculnya bercak putih pada kulit yang membuatnya mati rasa.




3. Tidak mudah menular

Banyak yang mengira bahwa kusta bisa menular akibat air liur dari mulut atau cairan dari hidung. Namun faktanya penularan kusta tidak secepat itu. Penyakit ini menular apabila terjadi kontak yang berkali-kali dan sangat dekat dengan pasien. Penderita kusta yang tidak diobati yang bisa menularkan kusta. Sedangkan pasien yang sudah melakukan pengobatan, risiko penularan kusta sudah menurun drastis.

4. Gejalanya berbeda pada masing-masing orang

Gejala kusta yang terjadi pada tiap orang bisa berbeda. Salah satu gejala klasik adalah munculnya bercak putih pada kulit yang mati rasa dan tidak akan merasakan apapun saat disentuh.

5. Kusta bisa disembuhkan secara gratis

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan terapi obat-obatan (MDT). Menteri Kesehatan memberikan pengobatan gratis pasien kusta di puskesmas. MDT untuk kusta terdiri atas kombinasi tiga obat antara lain clozafimine, rifampicin, dan daspone. Obat tersebut dikonsumsi selama enam sampai 24 bulan masa pengobatan.

6. Kusta yang tak terawat bisa sebabkan cacat

Kusta yang tak terawatt bisa menyebabkan cacat dan perubahan bentuk pada bagian tubuh tertentu. Seperti pada jari tangan dan kaki yang menekuk. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan cacar pada mata dan memicu kebutaan, serta infeksi pada tangan dan kaki.

Itulah 6 Fakta tentang penyakit kusta. Sebaiknya penderita harus mendapat perawatan yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti cacat permanen dan penularan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar