Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

Cara Mudah Cegah Kanker Payudara
photo:radaronline
Dalam catatan Menteri Kesehatan RI setiap tahunnya ditemukan 100 ribuan kasus baru kanker payudara pada masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan jumlah yang banyak. Untuk mengurangi jumlah tersebut menurut menteri kesehatan, kanker payudara dapat dicegah dan dideteksi sedini mungkin sebelum menjadi kanker ganas yang mematikan.


Langkah-langkah untuk mencegah kanker payudara adalah dengan menerapkan pola gaya hidup sehat seperti yang dilansir health liputan 6 :

1. Berat Badan
jagalah berat badan anda agar tetap ideal. Presiden dan pendiri Ralph Lauren Center for Cancer and Prevention di New York, Harold Freeman, M.D mengatakan bahwa berat badan yang berlebih meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara.

2. Olah Raga
Gunakanlah waktu kosong anda selama 45 sampai 60 menit setiap hari untuk berolahraga. Olah raga secara teratur dapat membantu mencegah penyakit dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menangkal obesitas, dan menurunkan kadar estrogen dan insulin.

3. Kurangi konsumsi alkohol
hasil penelitian menunjukkan bahwa minum dua gelas alkohol per hari dapat meningkatkan kanker payudara sekitar 21 persen. Lebih baik makan buah anggur dari pada minuman anggur kemasan. Karena terdapat kandunga resveratrol yang ditemukan dalam kulit anggur yang mampu membantu mengurangi kadar estrogen sehingga dapat mengurangi risiko kanker payudara.

4. Perbanyak makan sayuran
Biasakanlah mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan kale. Sayuran tersebut dapat mecegah perkembangan sel-sel kanker.

5. Sejarah Keluarga
Faktor sejarah keluarga juga berpengaruh terhadap anggota keluarga lain. Sekitar 15 persen kasus kanker payudara disebabkan karena diturunkan oleh keluarga," terang Freeman. Untuk mencegahnya lakukanlah pola gaya hidup sehat dan pengecekan payudara rutin.

6. Cek payudara rutin
Mulai usia 20 tahun sebaiknya perempuan wajib melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mencegah ada tidaknya benjolan pada payudara. Selain itu, juga lakukan USG tiga tahun sekali untuk mengetahui secara pasti ada tidaknya potensi kanker. Setelah di atas 40 tahun baru boleh lakukan pemeriksaan dengan mamogram. Hal ini dijelaskan oleh menteri kesehatan RI.


Itulah 6 langkah sederhana untuk mencegah kanker payudara. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Cegah Kanker Payudara"

Post a Comment