--> Skip to main content

Manfaat Asam Folat Bagi Wanita Hamil dan Janin

Manfaat Asam Folat Bagi Wanita Hamil dan Janin
Asam folat atau sebutannya umumnya disebut sebagai vitamin B9. Diketahui mempunyai manfaat yang bertanggung jawab untuk perkembangan janin dan mencegah terjadinya kelahiran cacat. Sehingga nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Tidak hanya itu, asam folat juga membantu dalam pembentukan sel-sel baru. 


Kehamilan seorang wanita sangat membutuhkan asam folat, sehingga dokter sering menyarankan pasien untuk mengonsumsi asam folat, khususnya bagi wanita yang tidak menyadari kedatangan sibuah hati.

Kebutuhan harian asam folat bagi perempuan  sekitar 400 mikrogram sampai dia hamil. Dan dosisnya akan meningkat menjadi 600 mikrogram dari 12 minggu pertama masa kehamilan. Dokter menyarankan perempuan untuk memenuhi asupan asam folat, karena saat melajang perempuan kehilangan banyak asam folat. Tak heran bila saat hamil, dokter kandungan selalu menyarankan perempuan mengonsumsi asam folat atau vitamin B9.

Sumber asam folat

Hati merupakan sumber terbaik dari asam folat, namun para ahli merekomendasikan agar perempuan hamil menghindari mengonsumsi hati. Bila berlebihan, akan berdampak pada kelahiran cacat janin.

Seperti yang dilansir health liputan6 dibawah ini sumber alami yang kaya vitamin B9 sebagai alternatif menggantikan suplemen :
  1. Brokoli
  2. Kubis
  3. Kembang kol
  4. Lentil
  5. Papaya
  6. Bayam
  7. Buah kiwi
  8. Jeruk
  9. Gandum utuh
  10. Kuning telur

Yang perlu diketahui oleh perempuan bahwa rutin mengonsumsi asam folat akan mencegah anemia, kelainan jantung bawaan dan kelahiran prematur. Sedangkan manfaat yang akan dirasakan si jabang bayi adalah kulit, kuku, dan rambut menjadi sehat.


Meski memiliki manfaat yang luar biasa, asupan asam folat harus sesuai yang dianjurkan. Sebab penelitian terbaru mengemukakan bahwa kelebihan asam folat dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara. Untuk itu , takaran maksimal dari asam folat yang dianjurkan adalah 1.000 mikrogram (takaran ini untuk orang yang dalam keadaan sehat).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar