--> Skip to main content

7 Tips Penting Puasa Bagi Penderita Maag

7 Tips Penting Berpuasa Bagi Penderita Maag. Asupan makanan dan minuman perlu diperhatikan selama berpuasa, apalagi bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan atau maag. Sehingga penderita maag yang ingin berpuasa harus cermat memilih menu makanan dan minuman yang tepat. Berikut cara mudahnya seperti yang dikatakan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP (okezone).





1. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti, sayur sawi dan kol dan buah-buahan seperti nangka, pisang ambon dan  makanan berserat tertentu misalnya kedondong dan buah yang dikeringkan.

Baca Juga : 20 Fakta Kesehatan Tentang Puasa

2. Hindari makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju, karena makanan ini sulit dicerna sehingga memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan peregangan dilambung sehingga asam lambung meningkat.

3. Hindari mkanan yang mengandung cuka dan pedas, merica serta bumbu yang merangsang karena secara langsung akan merusak didnding lambung.

4. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Makanan tersebut antara lain coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. 
Ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari penderita maag, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, tales, dan dodol. 

5. Penderita maag dianjurkan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung gas, seperti soda. Hindari juga minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, kopi, minumal beralkohol 5%-20%. Anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream. 

Selain makanan dan minuman, penderita maag juga harus menghindari kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung. Terutama setelah berbuka atau saat sahur, misalnya makan permen karet dan merokok.

Itulah beberapa tips puasa untuk penderita maag, semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar