--> Skip to main content

Gejala dan Penanganan Stroke Ringan

Gejala dan Penanganan Stroke Ringan. Stroke ringan atau transient ischemic attack (TIA) adalah stroke yang terjadi ketika asupan oksigen ke bagian tertentu di otak terhalang sebentar, lalu kembali normal. Ini biasanya disebabkan oleh penyempitan arteri otak karena aterosklerosis atau gumpalan darah kecil yang terbawa masuk dari tempat lain dalam tubuh dan menyumbat arteri otak.

Stroke ringan hanya berlangsung kurang dari sepuluh menit dengan gejala yang bersifat temporer. Sebagian stroke ringan lainnya berlangsung hingga beberapa jam. Bila berlanjut lebih dari 24 jam maka dikategorikan sebagai stroke biasa.

Baca Juga : Pengertian Penyakit Stroke, Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Gejala Stroke Ringan

Dibawah ini adalah beberapa gejala stroke ringan

  1. Masalah penglihatan di salah satu atau kedua mata, termasuk penglihatan ganda dan kebutaan sementara
  2. Pusing, bingung dan lemah
  3. Kesulitan berbicara, termasuk berbicara dengan intonasi kacau
  4. Tidak dapat berjalan (ataxia).
  5. Kehilangan ingatan atau kesadaran secara tiba-tiba
  6. Kesulitan koordinasi tangan dan lengan
  7. Lemah atau lumpuh di satu sisi tubuh

Gejala-gejala diatas tergantung dari bagian mana dari sistem peredaran darah dan otak Anda yang terkena.
Stroke ringan dapat memicu adanya risiko stroke berat di masa mendatang. Namun Anda memiliki peluang mencegahnya.

Jika anda mengalami gejala stroke ringan, segeralah periksa ke dokter. Selain memeriksa gejala, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, termasuk bila Anda memiliki risiko stroke karena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, merokok dan penyakit jantung tertentu. 

Penanganan

Penanganan stroke ringan dapat dengan bantuan obat-obatan pencegah penggumpalan darah , seperti anti-koagulan dan anti-platelet. Ini berguna untuk mengurangi risiko kembalinya stroke ringan. Aspirin adalah jenis obat yang paling banyak diberikan pada pasien pasca stroke.
Bila pembuluh arteri di leher Anda mengalami penyempitan berarti, pembedahan atau stent arteri carotid mungkin dilakukan untuk mengoreksinya.

Sumber referensi :
http://majalahkesehatan.com/gejala-dan-penanganan-stroke-ringan/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar