Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Keracunan

Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Keracunan
Ilustrasi keracunan | photo : vemale.com
Pertolongan pertama pada orang yang keracunan. Banyak kasus orang yang terkena racun karena makanan. Apalagi ini sering terjadi pada anak anda ketika jajan sembarangan. Kebersihan makanan dan penggunana bahan kimia yang berbahaya merupakan factor utama keracunan pada makanan.


Selain faktor jajan sembarangan, bahan-bahan rumah tangga seperti deterjen dan cairan pembersih juga mengandung bahan kimia yang berbahaya. Apabila tertelan dapat menyebabkan keracunan. Korban keracunan harus segera ditangani oleh medis, namun untuk pertolongan pertama dapat dilakukan langkah-langkah berikut seperti yang dilansir Detik Healt :

1. Segera berikan korban air putih atau susu. Hal ini untuk mengurangi kadar racun yang masuk. Ada juga yang memberikan air kelapa sebagai penawar racun. Jangan memberikan jus buah atau asam cuka.

2. Rangsang korban untuk muntah agar racun yang tertelan dapat berkurang.

3. Ketika korban akan munta usahakan posisi wajah menghadap ke bawah dengan kepala menunduk lebih rendah dari badannya agar tak tersedak.

4. Bawa segera ke sakit terdekat untuk mendapatkan penangan.

Yang perlu diketahui dan dihindari

1. Jika korban pingsan, jangan memberi minuman atau berusaha memuntahkan isi perut korban.

2. Jangan berusaha memuntahkannya jika tidak tahu racun apa yang ditelan.

3. Jangan berusaha memuntahkan korban bila menelan bahan-bahan seperti pembersih toilet, cairan antikarat, cairan pemutih, sabun cuci, bensin, minyak tanah, tiner serta cairan pemantik api.

Mengapa bahan-bahan tersebut tidak boleh dimuntahkan? Karena zat asam akan menyebabkan kerusakan lebih parah pada lambung atau esofagusnya jika dimuntahkan. Sedangkan produk BBM yang dimuntahkan dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan pneumonia.

Jika telah melakukan pertolongan pertama, segera hubungi dokter atau bawa ke rumah sakit terdekat. Dan berikian informasi mengenai usia, jenis racun yang tertelan, berapa banyak racun yang tertelan, kapan peristiwanya terjadi, korban mengalami muntah atau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa korban ke rumah sakit.

Sumber referensi :

http://health.detik.com/read/2012/08/23/091411/1996675/1407/pertolongan-pertama-pada-korban-keracunan diakses tanggal 24 november 2014

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Keracunan"

Post a Comment