Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Pertolongan Pertama Kepada Penderita Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Kepada Penderita Serangan Jantung
Ilustrasi serangan jantung | photo : seranganjantung.org
Pertolongan pertama pada serangan jantung. Anda adalah penderita sakit jantung atau ada orang disekitar anda yang terkena penyakit ini?. Sebaiknya anda mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama ketika terserang penyakit yang mematikan ini. Pertolongan pertama sangat begitu berharga, karena dengan ini anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

Seperti dikutip dari DetikHealth Berikut dibawah ini adalah langkah-langah yang dapat dilakukan ketika terkena serangan jantung :

1. Apabila serangan jantung menyerang, segera duduk atau berbaring. Jangan melakukan banyak gerakan dan berhentilah melakukan aktifitas dan cobalah untuk rileks.

Baca Juga : Pengertian penyakit jantung, gejala dan penyebabnya

2. Jika anda sendirian segera hubungi nomor darurat untuk meminta pertolongan atau minta orang yang terdekat di sekitar anda untuk menghubungi ambulans untuk segera ke rumah sakit. Jangan membuang waktu untuk menghubungi dokter pribadi, teman atau anggota keluarga lainnya.

3. Segera minum obat yang diberikan oleh dokter. Biasanya dokter akan memberikan tablet nitroglycerin. Obat tersebut bisa dikonsumsi setiap 5 menit sekali satu tablet sampai rasa sakitnya hilang. Jangan mengkonsumsi tablet nitroglyserin jika tidak diberikan dan atas anjuran dokter.

4. Anda juga dapat mengunyah aspirin, asalkan anda tidak mengalami alergi. Aspirin berfungsi menghambat penggumpalan darah dan membantu darah tetap mengalir dengan baik ke arteri. Menurut penelitian mengunyah aspirin selama serangan jantung bisa menurunkan risiko kematian hingga 25 persen. Walau hanya 25% tetapi itu sangat berharga bagi hidup anda.

5. Sebaiknya anda harus mengetahui tanda-tanda atau gejala serangan jantung dan selalu menyiapkan obat-obatan yang diberikan dokter.

Itulah pertolongan pertama ketika terserang penyakit jantung. Dengan melakukan pertolongan yang cepat bisa mencegah kerusakan serius pada jantung dan memungkinkan pasien untuk bertahan hidup. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Pertolongan Pertama Kepada Penderita Serangan Jantung"

Post a Comment