--> Skip to main content

Pengertian Amnesia, Penyebab Gejala dan Pengobatan

Pengertian Amnesia, Penyebab Gejala dan Pengobatan
ilustrasi amnesia | photo : google
Pengertian Amnesia Penyebab Gejala dan Pengobatan. Amnesia merupakan gangguan otak dimana kondisi terganggunya daya ingat. Dan juga ketidakmampuan membayangkan masa depan dan akan menyebabkan penderita selalu terbayang peristiwa yang telah terjadi dan terlupakan jika bertemu kembali dengan sesuatu yang terlupakan tersebut.


Penyebab

Penyebab amnesia dapat berupa organik atau fungsional.

1. Penyebab organik

Penyebabnya dapat berupa kerusakan otak, akibat trauma atau penyakit, atau penggunaan obat-obatan (biasanya yang bersifat sedatif) dan yang terparah bisa juga disebabkan oleh opeerasi transplantasi sum-sum tulang belakang.

2. Penyebab fungsional

Penyebabnya merupakan faktor psikologis, seperti halnya mekanisme pertahanan ego.
Penyebab amnesia bisa berupa gangguan sistemik, gangguan otak primer, atau obat-obatan. Gangguan ini mengakibatkan penderita hanya mampu mengingat atau bahkan tidak mampu mengingat riwayat dirinya.

Amnesia dapat pula terjadi secara spontan, seperti terjadi pada transient global amnesia. Jenis amnesia global ini umum terjadi mulai usia pertengahan sampai usia tua, terutama pada pria, dan biasanya berlangsung kurang dari 24 jam.

Gejala

Gejala yang dapat dilihat adalah penderita tidak mampu mempelajari hal-hal baru atau mengingat hal-hal sebelumnya. Penderita juga mengalami hambatan pada fungsi sosial dan pekerjaan. Meski demikian pemeriksaan medis lebih akurat untuk mengetahui penderita mengalami amnesia atau gangguan otak lain.

Bentuk amnesia

Ada dua kategori amnesia yaitu :

1. Anterograde amnesia

Yaitu kondisi dimana kejadian baru dalam ingatan jangka pendek tidak ditransfer ke ingatan jangka panjang yang permanen. Penderitanya tidak akan bisa mengingat apapun yang terjadi setelah munculnya amnesia ini walaupun baru berlalu sesaat.Tidak dapat disembuhkan dengan terapi(lupa permanen).

2. Retrograde amnesia

Yaitu ketidakmampuan memunculkan kembali ingatan masa lalu yang lebih dari peristiwa lupa biasa.Dapat disembuhkan dengan terapi.
Kedua kategori amnesia tersebut dapat muncul bersamaan pada pasien yang sama. Contohnya seperti pada pengendara sepeda motor yang tidak mengingat akan pergi kemana dia sebelum tabrakan (retrograde amnesia), juga melupakan tentang kejadian di rumah sakit dua hari setelahnya (anterograde amnesia).

3. Amnesia parsial

Ini merupakan jenis amnesia lain yang cukup parah. Kondisini diaman seseorang tidak mampu mengingat beberapa orang dalam jangka waktu 3 tahun bahkan selamanya, kejadian ini biasanya disebabkan oleh seseorang tersebut mengalami operasi transplantasi sum-sum tulang belakang. Kejadian ini cukup langka karna tidak banyak orang yang mau untuk melakukan tranplantasi sum-sum tulang belakang untuk pengobatan penyakit Thalassemia Mayor.

Pengobatan 

Walaupun amnesia sangat sulit atau bahkan tidak dapat diobati, tetapi kita dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk penanganannya. Penanganan pada penderita amnesia dapat dilakukan dengan pendekatan suportif. Pendekatan berupa mendekatkan hal-hal yang berkaitan baik waktu dan tempat yang pernah atau sedang dialami penderita.

Itulah penjelasan singkat mengenai penyakit amnesia. Semoga bermanfaat

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Amnesia diakses tanggal 18 november 2014

http://health.detik.com/readpenyakit/2/amnesia?mode_op=pengobatan diakses tanggal 18 november 2014
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar