--> Skip to main content

Pengertian Masa Inkubasi Penyakit

Pengertian Masa Inkubasi Penyakit
Pengertian masa inkubasi penyakit. Setiap penyakit yang memiliki masa inkubasi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis penyakit tersebut. Masa inkubasi juga dapat dikatakan sebagai masa mulai saat penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh (saat penularan) sampai saat timbulnya penyakit; masa tunas.

Pengertian masa inkubasi

1. Dalam medis, masa inkubasi adalah waktu dari saat paparan agen menular sampai tanda-tanda dan gejala penyakit muncul. Contohnya masa inkubasi cacar air adalah 14-16 hari.

2. Dalam biologi, masa inkubasi adalah waktu yang diperlukan untuk berlangsungnya setiap proses pertumbuhan tertentu. Misalnya, jangka waktu untuk telur ayam menetas adalah masa inkubasi.

Contoh lainnya adalah masa inkubasi bakteri, yaitu proses pemeliharan kultur bakteri selama periode tertentu dengan suhu tertentu yang bertujuan untuk memantau perkembangan dan pertumbuhan bakteri.

Sumber: google.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar