Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

10 Hal Perlu Diketahui Ketika Anda Bersama Penderita Asma

10 Hal Perlu Diketahui Ketika Anda Bersama Penderita Asma
ilustrasi asma (photo:dailymail.co.uk)
Asma merupakan penyakit saluran pernapasan yang menyebabkan rasa sesak dada, sesak napas dan batuk. Biasanya penderita asma sangat rentan pada hal-hal tertentu. Jika anda tinggal bersama orang yang menderita asma, anda harus tahu hal-hal dibawah ini agar tidak memicu penyakit asma timbul.

Berikut dibawah ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui jika anda tinggal bersama penderita asma:

1. Jauhkan dari asap rokok

Penderita asma sangat tidak menyukai asap rokok dan juga dapat memicu timbulnya asma. Sehingga sebaiknya anda tidak merokok diekat mereka.

2. Sensitif terhadap debu

Debu juga sangat mengganggu penderita asma, karena debu bisa menjadi faktor utama dari risiko sesak napas.



3. Terkadang alergi terhadap hewan peliharaan

Selain debu dan asap rokok, penderita asma juga biasanya tidak menyukai bulu hewan peliharaan. Hal ini karena terkadang juga dapat memperburuk gejala asma.

4. Parfum dapat membuat penderita asma sesak

Aroma parfum dapat mengiritasi saluran udara penderita asma yang membuat sulit untuk bernapas.

5. Hindari penderita asma terhadap stress

Strees dapat juga berdampak buruk bagi penderita asma. Selama masa stres tinggi, penderita asma dapat mulai menderita sesak napas lebih dari akut.

6. Sensitif terhadap obat-obatan tertentu

Hampir sekitar 10-20 persen penderita asma dewasa sangat peka terhadap obat-obatan tertentu seperti aspirin dan obat penghilang rasa sakit lainnya.

7. hindari makanan yang kaya Sulfit

5-10 persen penderita asma alergi terhadap Sulfit. Sulfit adalah zat aditif umum yang terdapat dalam banyak makanan dan obat-obatan, sejumlah sayuran dan ikan.

8. Gejala asma dapat berubah dari waktu ke waktu

Gejala asma dapat berubah dari waktu ke waktu bahkan hampir tak terlihat. Namun perlu diwaspadai karena bisa jadi di lain waktu gejala asma mereka cukup parah bahkan hingga sangat fatal. Kabar baiknya, gejala asma cenderung berkurang parah karena faktor usia.

9. Penderita asma sering berjuang untuk tidur dengan benar

Biasanya penderita asma terkendala saat tidur. Mereka sering batuk dan merasa sesak napas ketika mencoba untuk tidur. Sehingga membuat mereka susah tidur. Namun tidak semua penderita asma mengalami hal ini.

10. Mereka perlu beristirahat secara teratur selama berolahraga

Ketika penderita asma melakukan aktivitas berat, sebaiknya perlu beristirahat untuk memulihkan diri dari asma agar tidak kambuh sewaktu-waktu.

Itulah hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang menderita asma. Dan bagi yang tinggal bersama penderita dapat menghindarkan beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya asma. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Hal Perlu Diketahui Ketika Anda Bersama Penderita Asma"

Post a Comment