--> Skip to main content

Inilah Salah Satu Penyebab Penuaan Pada Otak

Inilah Salah Satu Penyebab Penuaan Pada Otak
ilustrasi otak (photo:jiscdigitalmedia.ac.uk)
Penuaan bukan hanya terjadi pada kulit saja, namun pada bagian yang tak terlihat juga mengalami penuaan. Hal ini terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi tahukah anda bahwa ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan penuaan pada otak. Pengen tahu? Lihat ulasannya dibawah ini

Faktor lain yang mempengaruhi penuaan otak adalah polusi udara. Ini dibuktikan oleh hasil studi yang menunjukan paparan polusi udara jangka panjang dapat mempercepat penuaan otak hal ini tentunya juga dapat membuat Anda berisiko tinggi terkena penyakit stroke. 

Studi sebelumnya juga menyatakan bahwa polusi udara berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit pada manusia dan perkembangan otak pada anak. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara volume otak dengan paparan polusi udara yang cukup tinggi. 



Polusi udara merupakan bagian partikel-partikel halus yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau kurang dari 2,5 mikrometer (PM2.5). Dari hasil penelitian setiap 2 mikrogram per meter persegi dari PM2.5 dapat membuat volume otak berkurang hingga 0,32 persen. Jika dibandingkan dengan faktor usia, volume otak menurun sekitar 0,5 persen per tahun saat berusia 40 tahun keatas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar