Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Ini Cara Buang Air Besar Yang Benar dan Menyehatkan

Ini Cara Buang Air Besar Yang Benar dan Menyehatkan
toilet duduk (foto:selalubali.com)
Di negeri barat toilet penggunaan toilet dengan model duduk, beda dengan model toilet di Indonesia yang kebanyakan menggunakan model jongkok. Namun seiring perkembangan zaman, sudah banyak di Indonesia yang beralih menggunakan toilet duduk. Nah, terus toilet mana yang baik?

Seperti dilansir tempo.co, toilet duduk ternyata tidak membantu kita untuk buang air secara sehat. Hal ini juga dipertegas oleh penelitian yang dilakukan ilmuwan Jerman, Giulia Enders. Dalam penelitian tersebut ia mengatakan bahwa toilet jongkok jauh lebih baik saat buang air besar.
Hasil penelitian Enders ditulis dalam bukunya yang berjudul, Darm mit Charme (Usus yang Menawan). Dalam bukunya tersebut Enders menjelaskan mengenai cara buang air besar yang benar. Bukunya tersebut telah terjual hingga 200 ribu eksemplar di Jerman.



Berdasarkan berbagai penelitian posisi buang air besar lebih efisien dalam posisi jongkok. Sedangkan dalam posisi duduk justru akan memperpanjang proses buang air besar. Keadaan inilah yang membuat kenapa penyakit-penyakit usus dan wasir seperti diverticulitis lebih sering ditemukan di Eropa daripada di Asia. Karena masyarakat eropa kebanyakan buang air besar dengan posisi duduk.

Mekanisme pembuangan dari usus seperti sebuah saluran yang berbelit yang tak didesain untuk membuka sepenuhnya saat kita dalam posisi duduk atau berdiri. Sehingga ketika dalam posisi jongkok maka akan membantu untuk membuka dengan baik dan mengurangi tekanan pada bokong kita.

0 Response to "Ini Cara Buang Air Besar Yang Benar dan Menyehatkan"

Post a Comment