--> Skip to main content

Ini Dia Daftar Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Ini Dia Daftar Penyakit Paling Mematikan di Indonesia
ilustrasi rumah sakit (foto:infopontianak.org)
Tahukah anda penyakit yang paling mematikan di Indonesia? Stroke, ya penyakit yang menyerang saraf dan melumpuhkan tersebut menjadi penyakit nomor satu yang mematikan di Indonesia. Data yang dihimpun oleh survei sample registration survey 2014, yang dirilis Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) menyebutkan bahwa stroke urutan pertama dari 10 penyakit mematikan.

Seperti dilansir tempo.co stroke penyebab kematian dengan persentase sebesar 21,1 persen. Berikut daftar 10 list penyakit mematikan tersebut:

1. Stroke (21,1 %)
2. Penyakit jantung dan pembuluh darah (12,9 %)
3. Komplikasi diabetes militus (6,7 %)
4. Tuberkulosis (5,7 %)
5. Komplikasi tekanan darah tinggi (5,3 %)
6. Penyakit paru kronik (4,9 %)
7. Penyakit hati (2,7 %)
8. Kecelakaan lalu lintas (2,6 %)
9. Pneumonia (2,1 %)
10. Gabungan diare serta gastroentritis karena infeksi (1,9 %).


Data-data tersebut dikumpulkan dari 41.590 kematian sepanjang tahun 2014. Stroke yang menjadi urutan pertama harus menjadi perhatian. Sebab dari tahun ke tahun penyakit ini mengalami peningkatan yang begitu cepat. Menurut Tjandra, pada 1990-an, stroke masih berada pada posisi keempat. Menurut laporan Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa kebanyakan yang terkena stroke adalah dari mereka yang berpendidikan rendah, tinggal di perkotaan dan tidak bekerja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar