--> Skip to main content

Pengertian Penyakti Radang Tenggorokan (Faringitis), Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Pengertian Penyakti Radang Tenggorokan (Faringitis), Gejala, Penyebab dan Pengobatan
Ilustrasi faringitis (photo:wikipedia)
Pengertian Penyakti Radang Tenggorokan (Faringitis), gejala, penyebab dan pengobatan. Faringitis dalam bahasa Latin disebut juga dengan pharyngitis dan biasa disebut juga dengan radang tenggorok. Faringitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx).

Penyebab

Penyebab penyakit ini adalah virus atau bakteri. Daya tahan tubuh yang lemah biasanya dapat dengan mudah terkena penyakit ini.

Virus penyebab

Penyebab paling umum adalah virus, termasuk virus penyebab common cold, flu, adenovirus, mononucleosis atau HIV.

Bakteri penyebab

Sebagian kasus juga disebabkan oleh bakteri. Yaitu bakteri streptokokus grup A, korinebakterium, arkanobakterium, Neisseria gonorrhoeae atau Chlamydia pneumoniae.


Gejala

Gejala umum radang tenggorokan adalah nyeri pada tenggorokan dan saat menelan. Selaput lendir yang melapisi faring mengalami peradangan berat atau ringan dan tertutup oleh selaput yang berwarna keputihan atau mengeluarkan nanah. Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek.

Gejala-gejala lain yang biasa terjadi adalah:
  1. Pembesaran kelenjar getah bening di leher
  2. Peningkatan jumlah sel darah putih
  3. Demam

Gejala diatas bisa disebabkan karena virus ataupun bakteri, tetapi lebih merupakan gejala khas untuk infeksi yang terjadi karena bakteri. Selain itu terlihat ada lapisan seperti krim di amandel. Kelenjar getah bening di leher sering bengkak dan nyeri bila ditekan. Berbeda dengan faringitis virus, penderita faringitis streptokokus tidak mengalami rhinitis, suara serak atau batuk-batuk.

Komplikasi

Sebaiknya jangan biarkan penyakit ini sampai berat atau parah, karena dapat berefek pada organ tubuh lainnya seperti radang ginjal, demam rematik akut, radang telinga bagian tengah, sinusitis, dan radang sekitar amandel yang bisa menimbulkan nanah.

Pengobatan

Jika penyebabnya adalah bakteri pengobatan yang efektif adalah dengan menggunakan antibiotika. Namun pola makan sehat dengan buah, disertai dengan vitamin bisa menolong. jika penyebabnya streptokokus, diberikan tablet penicillin. Jika penderita memiliki alergi terhadap penicillin bisa diganti dengan erythromycin atau antibiotik lainnya. Berikan pula parasetamol atau aspirin untuk menghilangkan rasa sakit, dan menurunkan panas. Selain itu sebaiknya makan makanan yang lunak. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis untuk mendapatkan obat yang tepat.

Jenir Radang Tenggorokan

Faringitis terbagi menjadi dua jenis yaitu akut dan kronis:

1. Faringitis akut
Radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk.

2. Faringitis kronis
Radang tenggorok yang sudah berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorok.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Faringitis diakses tanggal 30 April 2015
http://www.spesialis.info/?faringitis-(radang-tenggorokan),1144 diakses tanggal 30 April 2015

http://doktersehat.com/janis-gejala-dan-pengobatan-faringitis/#ixzz3YoFPR32q diakses tanggal 30 April 2015
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar