--> Skip to main content

Pengertian Penyakit Vertigo Jenis Gejala dan Pengobatan

Pengertian Penyakit Vertigo Jenis Gejala dan Pengobatan
ilustrasi vertigo (foto:kompas)
Vertigo berasal dari bahasa Latin vertō yang artinya gerakan berputar. Sehingga penyakit vertigo adalah salah satu bentuk sakit kepala yang terasa seperti berputar atau melayang. Biasa disebut juga pusing berputar atau pusing tujuh keliling. Hal ini disebapkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Penderita vertigo sering kali merasa mual dan muntah, mereka juga tidak mampu menjaga keseimbangan badan sehingga sulit berdiri atau berjalan

Tipe Vertigo

Vertigo dibagi menjadi tiga tipe:

1. Tipe pertama dikenal dengan objektif dimana penderita merasa benda-benda di sekitarnya bergerak.

2. Tipe ke dua dikenal dengan subjektif dimana penderita merasa mereka bergerak pada saat mereka sedang diam

3. Tipe ke tiga dikenal dengan pseudovertigo, dimana pasien merasa sensasi gerakan berputar di dalam kepalanya.

Jenis

Berdasarkan keterlibatan vestibulum, Vertigo terbagi menjadi 2 jenis yakni vertigo direk/vestibuler dan vertigo indirek/non-vestibuler.

Vertigo vestibuler

Pasien merasa lingkungan sekitarnya berputar, naik turun seperti berada di atas kapal. Vertigo vestibuler seringkali diikuti dengan gejala otonom seperti nausea dan muntah serta nistagmus. Berikut tipe vertigo vestibuler:
  1. Vertigo posisi jinak (benign paroksismal positional vertigo)
  2. vestibulopathy perifer akut (neuritis vestibular)
  3. Sindrom Meniere

Vertigo nonvestibuler

Penderita Vertigo nonvestibuler biasanya mengeluhkan rasa pusing, kekosongan di kepala, dan gelap pada mata. Berikut beberapa jenis Vertigo nonvestibuler:

1. Migrain
Vertigo yang disebabkan karena migrain dikarenakan Vasospasme atau cacat metabolik yang diturunkan.

2. Insufisiensi Vertebrobasilar
Disebabkan oleh aterosklerosis pada arteri subklavia, tulang belakang, dan basilar. Vertigo juga umum dihubungkan dengan infark batang otak lateral atau otak kecil.

3. Tumor sudut cerebellar-pontine
Tumor ini tumbuh lambat, memungkinkan sistem vestibular untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga manifestasi klinis yang dihasilkan biasanya berupa sensasi samar ketidakseimbangan bukan vertigo akut.

Gejala

Gejala vertigo adalah penderita merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar atau merasakan benda di sekitarnya bergerak atau berputar.

Pengobatan

Pengobatan vertigo tergantung dari penyebabnya.Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah:
 
1. Meklizin
2. Dimenhidrinat
3. Perfenazin
4. Skopolamin

Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Perlu diketahui bahwa obat di atas dapat menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Vertigo diakses tanggal 17 april 2015
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar