--> Skip to main content

Pengertian Penyakit Jantung Koroner, Ciri-ciri, Penyebab dan Pencegahan

Pengertian Penyakit Jantung Koroner, Ciri-ciri, Penyebab dan Pencegahan
arteri (photo:doktergaul)
Pengertian Penyakit Jantung Koroner, Ciri-ciri, Penyebab dan Pencegahan. Penyakit jantung koroner biasa disebut juga sebagai penyakit arteri coroner. Penyakit ini merupakan salah salah satu penyebab utama kematian di dunia sekarang ini. Faktor-faktor gaya hidup menjadi faktor utama pemicu serangan jantung seperti Rokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stres, dan kurang istirahat. Untuk perlu adanya sedikit pengetahuan mengenai penyakit jantung koroner ini agar dapat dilakukan pencegahan dini.


Faktor Risiko (Penyebab)
  1. Bagi pria biasanya memasuki usia 45 tahun, sedangkan wanita memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini.
  2. Riwayat penyakit jantung dalam keluarga.
  3. Diabetes
  4. Rokok
  5. Hipertensi (Tekanan darah tinggi)
  6. Kegemukan (obesitas)
  7. Gaya hidup yang buruk
  8. Stress

Gejala

Gejala penyakit jantung koroner berbeda antara pria dan wanita. Biasanya seorang pria akan merasakan nyeri pada bagian dada, namun pada wanita sering merasakan lebih cepat lelah dan lemah. Pada umur 40 tahun ke atas, pria lebih beresiko tinggi terkena penyakit ini daripada wanita.
Berikut gejala-gejala yang lebih spesifik :

1. Nyeri, kram dan kejang pada bagian dada. Keadaan ini biasa disebut dengan Angina yang merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada diremas-remas, ini terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Tidak semua orang mengalami hal ini, ada juga beberapa orang yang mengalami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (silent ischemia).

2. sering merasa sesak napas yang merupakan gejala pada gagal jantung. Hal ini terjadi akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru.

3. Kelelahan atau kepenatan. Penderita akan merasa mudah lelah dan lemah.

4. Jantung berdebar-debar (Palpitasi)

5. Pusing dan pingsan. Ini terjadi karena aliran darah karena denyut jantung yang abnormal atau kemampuan otot jantung memompa yang buruk.

Pencegahan

Untuk langkah pencegahan yang dapat anda lakukan adalah menghindari semua faktor risiko penyebab penyakit ini. Seperti berhenti merokok, hindari mengonsumsi minuman beralkohol, makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Biasakan juga untuk menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolah raga sejak dini.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_jantung diakses tanggal 2 april 2015

http://www.doktergaul.net/2013/08/Penyakit-Jantung-Koroner-Gejala-Penyebab-Pencegahan.html diakses tanggal 2 april 2015
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar