Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Pengertian penyakit Flu Tulang (Chikungunya) Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Pengertian penyakit Flu Tulang (Chikungunya) Gejala, Penyebab dan Pencegahan
ilustrasi flu tulang
Pengertian penyakit Flu Tulang Gejala, Penyebab dan Pencegahan. Flu tulang atau biasa disebut juga dengan Chikungunya merupakan penyakit yang menyerang tulang dan persendian sehingga terasa nyeri. Selain itu penyakit ini juga mempunyai nama lain seperti demam sendi. Rasa nyeri akibat flu tulang terkadang bertahan dalam waktu yang cukup lama dalam satu bulan bahkan hitungan tahun.

Penyebab

Chikungunya disebabkan oleh virus yang ditularkan dari manusia ke manusia oleh nyamuk aedes aegepty dan aedes albopictus. Nyamuk-nyamuk tersebut juga dikenal sebagai penular penyakit demam berdarah. Biasanya nyamuk tersebut menggigit di siang hari dan puncak aktivitas nyamuk ini adalah di waktu pagi dan sore hari. Ciri-ciri nyamuk ini adalah ketika menggigit tidak dalam keadaan nungging.



Gejala

Gejala Flu tulang biasa ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada mulut atau kulit. Gejala ini hampir mirip dengan demam berdarah. Gejala-gejala umum yang sering dijadikan indikator, yaitu rasa ngilu pada persendian yang berlangsung selama 2 -4 minggu pasca flu biasa. Pada malam hari terasa sangat kedinginan dan di pagi hari tubuh terasa kaku. Biasanya kondisi kesehatan penderita akan berangsur-angsur membaik setelah 3 minggu.

Gejala umum yang dialami penderita penyakit flu tulang adalah:
  1. Demam tinggi dengan disertai nyeri sendi
  2. Kaku pada sendi, yang terkadang hingga memerah dan bengkak

Selain gejala diatas, juga terdapat gejala-gejala lain seperti sakit kepala, nyeri otot, mual, kelelahan dan timbulnya ruam.

Nyeri sendi yang terjadi biasanya berlangsung selama beberapa hari hingga mingguan. Namun juga terdapat beberapa kasus nyeri sendi yang bertahan selama beberapa bulan hingga tahunan.

Pengobatan

Belum ada vaksin untuk pengobatan antivirus untuk penyakit flu tulang. Pengobatan yang dilakukan yaitu dengan cara simtomatik (mengatasi gejala yang muncul) yaitu:

1. Beristirahat secukupnya
2. Minum air secukupnya untuk pemenuhan kebutuhan cairan
3. Menggunakan obat-obatan untuk meredakan sakit demam dan obat nyeri pada sendi.

Pencegahan

Jika sudah ada orang sekitar yang terkena flu tulang, sebaiknya jauhkan penderita dari gigitan nyamuk. Agar penyakit ini tidak menular ke orang-orang sekitar. Membersihkan air-air yang tergenang yang dapat menjadi tempat bersarang nyamuk dan berkembang biak. Menjaga kesehatan tubuh dengan cara olahraga dan istirahat yang teratur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Sumber referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Flu_tulang diakses tanggal 28 April 2015

http://sehatsatu.com/penyakit-flu-tulang/ diakses tanggal 28 April 2015

0 Response to "Pengertian penyakit Flu Tulang (Chikungunya) Gejala, Penyebab dan Pencegahan"

Post a Comment