Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Pengertian Penyakit Gondongan, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Pengertian Penyakit Gondongan, Penyebab, Gejala dan Pengobatan
gondongan (photo:wikipedia)
Pengertian penyakit gondongan, penyebab, gejala dan pengobatan. Beguk, gondong, atau parotitis adalah suatu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyebabkan bengkak dan rasa sakit pada kelenjar parotis di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.


Penularan

Penyakit ini mudah menular melalui cairan dari mulut, hidung, dan tenggorokan penderita beguk. Beguk dapat menular 3 atau 4 hari setelah pembengkakan dimulai. Masa inkubasi beguk sekitar 14-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari.

Gejala

Beberapa orang yang terjangkiti beguk tidak memiliki gejala awal, namun biasanya mengalami:
  1. Demam
  2. Sakit kepala
  3. Mulut kering dan hilang selera
  4. Keletihan
  5. Pembengkakan pada satu atau kedua-dua kelenjar parotid
  6. Gejala-gejala ini biasanya hilang dalam waktu 10–12 hari.

Pengobatan

Untuk pengobatan dapat digunakan obat pereda panas dan nyeri (antipiretik dan analgesik) misalnya Parasetamol dan sejenisnya, Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena memiliki resiko terjadinya sindroma Reye (Pengaruh aspirin pada anak-anak).

Pada penderita yang mengalami pembengkakan testis, sebaiknya penderita menjalani istirahat tirah baring ditempat tidur. Rasa nyeri dapat dikurangi dengan melakukan kompres Es pada area testis yang membengkak tersebut. Sedangkan penderita yang mengalami serangan virus apada organ pancreas (pankreatitis), dimana menimbulkan gejala mual dan muntah sebaiknya diberikan cairan melalui infus.

Pemberian kortikosteroid selama 2-4 hari dan 20 ml convalescent gammaglobulin diperkirakan dapat mencegah terjadinya orkitis. Terhadap virus itu sendiri tidak dapat dipengaruhi oleh anti mikroba, sehingga Pengobatan hanya berorientasi untuk menghilangkan gejala sampai penderita kembali baik dengan sendirinya. 

Penyakit gondongan sebenarnya tergolong dalam "self limiting disease" (penyakit yg sembuh sendiri tanpa diobati). Penderita penyakit gondongan sebaiknya menghindarkan makanan atau minuman yang sifatnya asam supaya nyeri tidak bertambah parah, diberikan diet makanan cair dan lunak.

Pencegahan

Langkah pencegaha dapat dengan pemberian vaksinasi gondongan yang merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, yaitu imunisasi MMR (mumps, morbili, rubela) yang diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan.

Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong. Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek panas atau gejala lainnya. Cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar Iodium, dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit gondongan.

Sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Beguk diakses tanggal 8 maret 2015
https://www.facebook.com/notes/konsul-kesehatan-dan-pengobatan-dg-herbal-tanaman-obat/penyakit-gondongan-mumps-atau-parotitis/485653644791563 diakses tanggal 8 maret 2015

0 Response to "Pengertian Penyakit Gondongan, Penyebab, Gejala dan Pengobatan"

Post a Comment