--> Skip to main content

Manfaat Berpelukan bagi Kesehatan dan Ikatan Emosional

Manfaat Berpelukan bagi Kesehatan dan Ikatan Emosional
berpelukan
Manfaat berpelukan bagi kesehatan dan ikatan emosional. Jika anda sering berpelukan, baik itu berpelukan terhadap orang tua, istri , suami dan anak, anda termasuk orang yang sehat dan bahagia. Kenapa? Karena aktivitas berpelukan sangat baik bagi tubuh mulai dari segi kesehatan ataupun dari segi emosional.


Seperti dilansir VivaLife, berpelukan selama beberapa detik saja, sangatlah penting, berikut alasannya : 

"segala aktivitas seksual seperti berciuman, berpegangan tangan, dan berpelukan, dapat membuat tubuh kita melepaskan hormon oksitosin yang membuat perasaan jadi lebih bahagia," ungkap Elizabeth Lombardo, seorang psikiater.

Anda mungkin sering melihat ketika seseorang dalam masalah atau sedang bahagia melakukan pelukan terhadap orang terdekatnya. Hal ini karena dapat menghilangkan tekanan dan beban yang ada di pikiran. Pada saat seseorang berpelukan, akan terjadi semacam reaksi kimiawi yang terjadi pada hormon oksitosin tersebut yang berpengaruh pada berkurangnya tekanan darah. Tidak hanya itu, seringnya berpelukan dapat menghindarkan anda dari risiko penyakit jantung serta dapat meredakan emosi dan rasa panik.

Berpelukan juga sangat penting bagi Ibu dan anak karena saat itulah sang ibu mendekatkan diri dengan anaknya dengan sentuhan tangan sehingga akan menambah ikatan emosional antara sang ibu dengan anaknya. Selain itu membuat komunikasi yang lebih baik dengan pasangan maupun anak. Berpelukan dapat mengirim rasa empati yang dirasakan seseorang kepada orang yang dipeluknya. Karena, semua orang ingin dimengerti dan dipahami, berpelukan dapat mengirim sinyal tersebut pada tubuh yang dipeluk.


Itulah mengapa berpelukan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga dapat menjalin ikatan emosional.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar