--> Skip to main content

7 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Nyeri Sendi

7 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Nyeri Sendi
nyeri sendi | photo:nyerisendi.org
Nyeri sendi merupakan jenis penyakit yang menyerang persendian, sehingga sendi terasa nyeri dan meradang. Dalam isitilah medis nyeri sendi biasa disebut juga dengan arthritis. Jika anda merupakan salah satu penderita nyeri sendi, ada beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari.


Seperti dilansir oleh merdeka.com berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita nyeri sendi.

1. Gorengan

Memakan gorengan dapat membuat nyeri sendi anda semakin parah yang dapat membuat peradangan. Selain itu juga dapat meningkatkan berat badan, Sehingga akan menempatkan lebih banyak tekanan pada sendi Anda.

2. Gula dan karbohidrat olahan

hindari juga makanan yang mengandung gula dan karbohidrat olahan karena dapat mengakibatkan peningkatkan jenis toksin dalam tubuh yang disebut dengan advanced glycation end product (AGE). Toksin tersebut mampu merusak protein tertentu dalam tubuh.

3. Garam

Hindarilah atau konsumsilah makanan mengandung garam secukupnya saja, karena apabila anda kelebihan garam dalam tubuh, hal ini mampu memperparah peradangan.

4. Daging

Daging mengandung lemak yang bisa menjadi bahan beracun dan memperburuk peradangan. Maka dari itu sebaiknya hindari makan daging berlebih.

5. Alkohol dan rokok

Rokok dan alkohol dapat memperparah penyakit radang sendi dan rematik.

6. Gluten

Gluten merupakan salah satu protein yang dapat ditemukan di dalam gandum dan biji-bijian lainnya. Namun protein ini tidak cocok bagi penderita nyeri sendir, maka sebaiknya hindari makan gandum dan biji-bijian.

7. Produk olahan susu

Sebenarnya susu sangat baik bagi kesehatan, namun terdapat kandungan protein di dalam susu mampu merusak antibodi tubuh yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari peradangan. Oleh karena itu saat menderita nyeri sendi sebaiknya hindari minum susu olahan.


Itulah 7 jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita nyeri sendi. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar