Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare (Mencret)

Ilustrasi diare | photo : psychologimania
Diare atau biasa juga disebut dengan tinja merupakan gangguan pencernaan di mana tinja berubah menjadi lembek atau cair. Sehingga BAB terjadi setidaknya 3 kali dalam 24 jam. Penyakit ini merupakan penyebab kematian paling umum balita dan juga membunuh 2,6 juta orang tiap tahunnya.

Banyak faktor penyebab diare, dan faktor umumnya adalah pada makanan yang dikonsumsi, salah minum obat, stress alcohol dan lain sebagainya.

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid yang dilansir detikhealth berikut cara benar untuk melakukan pertolongan pertama pada penderita diare :

1. Perbanyak minum air dan minum oralit. Usahakan memberikan banyak air minum pada penderita diare. Hal ini untuk mengganti cairan dan zat kimia tubuh yang hilang. Sebaiknya minum air setiap 2 jam sekali sebanyak kurang lebih 2 ons atau 60 mL.

2. Bila diare belum membaik dan berlangsung lama, misalnya 1 -2 hari dan jumlah dan frekuensi kencing berkurang, segera ke rumah sakit karena ada kemungkinan penderita terkena dehidrasi.

3. Hindari makanan keras atau padat.

Itulah pertolongan pertama yang dapat kita lakukan apabila ada seseorang yang tiba-tiba mengalami diare. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare (Mencret)"

Post a Comment