--> Skip to main content

Pertolongan Pertama Pada Saat di Sengat Serangga

Pertolongan Pertama Pada Saat di Sengat Serangga
lebah | photo : ternaklebah.blogspot.com
Anda yang tinggal di bagian perkotaan mungkin akan sangat jarang terkena sengatan lebah. Tersengat lebah akan menyebabkan kulit memerah dan menjadi bengkak. Tapi jika anda tersengat lebah anda tidak perlu khawatir karna ada langkah-langkah yang dapat kita lakukan apabila tersengat lebah. Tetapi anda perlu tahu juga bahwa kini sengatan lebah juga menjadi pengobatan loh.

Seperti dilansi Detikhealth Serangga yang memiliki sengatan berbahaya adalah lebah madu, kutu kerbau, tawon dan semut api yang dapat mengakibatkan rasa nyeri, bengkak dan memerah, gatal, dan tempat sengatan atau gigitan serangga terasa panas. Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan bila tersengat seranggga :

1. Saat lebah menyengat, biasanya masih tertancap sengatannya. Cabut sengat yang masih tertancap secara hati-hati dan jangan sampai terpencet karena dapat menyebabkan racun bertambah masuk.

2. Bersihkan bagian yang tersengat dengan sabun dan air.

3. Segera kompres dengan air dingin atau es. Hal ini untuk mengurangi penyerapan dan penyebaran racun.

4. Oleskan krim atau lotion seperti kalamin, pasta baking soda ditambah sedikit air untuk mengurangi rasa tak nyaman.

Itulah pertolongan pertama yang dapat dilakukan apabila tersengat serangga. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar