--> Skip to main content

6 Pertolongan Pertama Pada Mimisan (Hidung Berdarah)

6 Pertolongan Pertama Pada Mimisan (Hidung Berdarah)
Ilustrasi mimisan | photo : dokita
Mimisan adalah terjadi pendarahan pada hidung. Ini bias disebabkan oleh beberapa factor seperti terkena pukulan, iritasi pada membrane murkosa atau karena infeksi. Ada beberapa orang yang sering mengalami mimisan dan ini terjadi berulang-ulang.

Dilansir detik healt menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat', Kebanyakan perdarahan hidung yang terjadi pada anak-anak tidak berbahaya. Namun apabila itu terjadi pada orang dewasa, ini merupakan hal yang serius dan perlu membutuhkan penanganan medis.

Berikut dibawah ini adalah pertolongan pertama ketika mimisan atau hidung berdarah
  1. Duduk dengan posisi badan condong ke depan.
  2. Usahakan mulut tetap terbuka agar darah tidak menutup jalan pernapasan anda.
  3. Pencet hidung selama 15 menit dengan menekan di bawah tulang hidung pada bagian ujungnya, kemudian lepaskan secara perlahan. 
  4. Jangan melesitkan ingus. Apabila masih terjadi perdarahan, pencet hidung lagi selama 5 menit dan jangan menelan darah yang keluar.
  5. Gunakan kain basah atau es yang dibungkus dengan kain, lalu tempelkan pada hidung dan muka. Hal ini untuk mempersempit pembuluh darah sehingga dapat mengurangi pendarahan.
  6. Bila perdarahan tak kunjung berhenti, mungkin terjadi indikasi patah tulang hidung, untuk itu segera bawa ke rumah sakit.
Itulah 6 langkah pertama yang dapat kita lakukan apabila terkana mimisan


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar