--> Skip to main content

Tips Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Ginjal
Cara mudah menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang mempunyai peran penting. Bentuknya seperti kacang berukuran sekepalan tangan manusia. Terletak di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang, ginjal memiliki beberapa fungsi penting seperti membersihkan tubuh dari berbagai racun dan menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga penting dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah, serta zat asam dalam tubuh.


Dilansir merdeka.com berikut tujuh langkah mudah untuk menjaga kesehatan jantung.

Olahraga

Sering berolahraga dapat menjaga kesehatan ginjal. Tidak hanya ginjal namun dengan berolahraga seluruh organ tubuh menjadi sehat.

Pola makanan sehat

Dengan menggunakan pola makan sehat, racun yang masuk dalam tubuh dapat berkurang sehingga ginjal tidak terlalu bekerja keras dalam menyaring racun yang masuk.

Menjaga tekanan darah

Salah satu fungsi ginjal adalah memainkan peranan penting untuk menjaga sirkulasi darah. Untuk itu Anda sebaiknya selalu menjaga tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Menjaga kadar gula

Penyakit diabetes dan masalah ginjal memiliki hubungan. Banyak penderita diabetes yang kemudian memiliki masalah dengan ginjal mereka.

Minum banyak air

Untuk memaksimalkan kinerja ginjal diperlukan asupan cairan yang cukup. Kekurangan cairan di dalam tubuh Anda dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

Berhenti merokok

Effek merokok adalah dapat memperlambat aliran darah ke ginjal. Hal ini dapat menghambat kinerja ginjal. Sebaiknya berhenti merokok untuk menjaga kesehatan ginjal anda.

Tidak mengonsumsi obat secara sembarangan

Sebaiknya dalam memilih obat konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini agar obat yang anda konsumsi tidak menggangu kinerja ginjal anda.


Ginjal sangat berperan penting dalam mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga sebaiknya anda menjaga kesehatan ginjal dengan mengikuti tips tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar