Pencarian Jenis Jenis Penyakit, Tips Sehat dan Lain lain

Cegah Osteoporosis Dengan Banyak Bergerak

Cegah Osteoporosis Dengan Banyak Bergerak
Osteoporosis tidak hanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Namun ada juga kasus osteoporosis yang terjadi pada anak muda. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan factor osteoporosis pada anak muda. Karena kurangnya bergerak sehingga tulang menjadi rapuh.


Banyak dari mereka yang kurang melakukan gerakan. Apalagi pada saat hari libur, menurut hasil survey membuktikan bahwa kita tidak bergerak selama 5 jam diluar jam tidur. Hanya 22 persen pria, dan 14 persen wanita, yang rutin melakukan olah raga setia hari menurut data hasil consumer polling, yang diselenggarakan Fonterra Brand pada 2013 seperti yang dilansir oleh life.viva.co.id.

Dokter Ade Jeanne DL Tobing, SpKO menganjurkan agar kita banyak bergerak. Karena jika kita kurang bergerak penyakit tidak menular seperti osteoporosis akan sangat rentan menyerang. Sebaiknya melakukan olahraga rutin sekitar 30 sampai 60 menit per hari selama 5 kali dalam seminggu.

Dua dari lima orang di Indonesia sangat berisiko terkena osteoporosis menurut data pusat penelitian dan pengembangan gizi 2005. Hal ini karena kurang latihan untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan aktif bergerak itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang. Ini agar ketika memasuki usia lanjut tulang kita dapat terhindar dari patah tulang.

Selain itu Dokter Ade juga menyarankan kita menjaga keseimbangan antara pola makan sehat dengan aktivitas fisik.

"Pencegahan dapat dilakukan melalui aktivitas tubuh, misalnya angkat beban, mendapat paparan sinar matahari cukup untuk vitamin D, serta mengonsumsi gizi seimbang dengan kalsium dosis tinggi," ujarnya.


Bagi anda yang jarang bergerak, sebaiknya untuk rutin melakukan olahraga agar kesehatan tulang terjaga ketika usia lanjut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cegah Osteoporosis Dengan Banyak Bergerak"

Post a Comment