--> Skip to main content

Pengertian Penyakit Amandel, Gejala Penyebab dan Pengobatan

pengertian penyakit amandel, pencegahan dan pengobatan
Pengertian Penyakit Tonsilitis, Gejala Penyebab dan Pengobatan. Penyakit Amandel atau yang biasa disebut dengan Radang amandel dalam bahasa Inggris tonsillitis adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam. Ini muncul ketika terjadi kerusakan pada permukaan selaput lender. Jika parah ini dapat merusak jaringan amandel.


Jika penyakit ini sudah parah, maka harus dilakukan pembedahan, namun para ahli masih belum satu pendapat mengenai kapan amandel harus dibedah. Umumnya literatur klinik membagi indikasi pembedahan radang amandel (tonsilektomi) atas 2 yaitu:
  1. Absolut (mutlak: harus dibedah)
  2. Relatif (tidak mutlak: sebaiknya dibedah)

Penyebab

Radang amandel atau tonsillitis disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Penyebab umum sebagian besar tonsilitis adalah virus :
  1. Adenovirus
  2. Rhinovirus
  3. Influenza
  4. Coronavirus
  5. RSV.
  6. virus Epstein-Barr
  7. herpes simpleks virus
  8. cytomegalovirus
  9. HIV

Penyebab umum kedua adalah bakteri. Bakteri penyebab umum paling adalah Group A-hemolitik streptokokus β ( GABHS ), yang menyebabkan radang tenggorokan. Bakteri penyebab umum termasuk:
  1. Staphylococcus aureus
  2. Streptococcus pneumonia
  3. Mycoplasma pneumonia
  4. Chlamydia pneumonia
  5. Pertussis
  6. Fusobacterium
  7. Difteri
  8. Sifilis
  9. Gonore

Proses Masuknya Virus dan Bakteri Penyebab Amandel

Virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut dan disaring di amandel. Dalam amandel, sel-sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh melakukan sebuah serangan yang membantu menghancurkan virus atau bakteri, dan juga menyebabkan peradangan dan demam. Infeksi juga mungkin ada di tenggorokan dan sekitarnya, menyebabkan peradangan pada faring. Ini adalah area di bagian belakang tenggorokan yang terletak di antara dalam kotak suara dan tonsil. Tonsilitis dapat disebabkan oleh bakteri streptokokus Grup A, mengakibatkan radang tenggorokan. Viral tonsillitis mungkin disebabkan oleh berbagai virus seperti virus Epstein-Barr (penyebab infeksi mononucleosis ) atau adenovirus. Kadang-kadang, tonsilitis disebabkan oleh infeksi dari spirochaeta dan Treponema, dalam hal ini disebut angina Vincent atau-Vincent angina Plaut.

Gejala

Peradangan yang akut (baru), ditandai dengan nyeri menelan (odinofagi), dan tidak jarang disertai demam. Sedangkan yang sudah menahun biasanya tidak nyeri menelan, tapi jika ukurannya cukup besar (hipertrofi) akan menyebabkan kesulitan menelan (disfagia). Gejala yang paling mencolok adalah kesulitan dalam menelan makanan serta memblokir jalannya udara atau oksigen yang masuk kedalam tubuh.
Gejala umum radang amandel atau tonsilitis adalah:
  1. Amandel bengkak dan merah
  2. adanya lapisan bercak putih atau kuning pada amandel
  3. leher bengkan dan kaku
  4. terasa nyeri dan biasa sampai terasa ke telinga
  5. sakit tenggorokan
  6. sulit menelan makanan
  7. batuk
  8. sakit kepala
  9. sakit mata
  10. tubuh sakit
  11. demam
  12. panas dingin
  13. hidung mampet

Tonsilitis akut disebabkan oleh bakteri dan virus dan akan disertai dengan gejala sakit telinga saat menelan, bau mulut, dan air liur bersama dengan radang tenggorokan dan demam. Dalam hal ini, permukaan tonsil mungkin merah cerah atau memiliki lapisan putih keabu-abuan, sedangkan kelenjar getah bening di leher akan membengkak.

Pengobatan

Jika radang amandel yang disebabkan oleh kelompok A streptococus, maka antibiotik yang berguna dengan penisilin atau amoksisilin baris pertama sedang. Sebuah macrolide seperti eritromisin digunakan untuk pasien yang alergi terhadap penisilin. Pasien yang gagal terapi penicilin mungkin menanggapi pengobatan yang efektif terhadap lactamse memproduksi bakteri-beta seperti klindamisin atau amoksisilin-klavulanat. Aerobik dan anaerobik beta penghasil laktamase bakteri yang berada di jaringan tonsil dapat "perisai" kelompok A streptokokus dari penicilins. Bila tonsilitis disebabkan oleh virus, panjang penyakit tergantung pada virus mana yang terlibat. Biasanya, pemulihan lengkap dibuat dalam satu minggu, namun dapat berlangsung selama dua minggu. kronis kasus dapat diobati dengan tonsilektomi (operasi pengangkatan tonsil) sebagai pilihan untuk pengobatan.

Selain itu dapat juga dilakukan perawatan terhadap amandel seperti :
  1. Banyak minum air putih dan sari buah-buahan, terutama selama demam
  2. Jangan minum minuman dingin, sirup makanan yang diawetkan dan diasinkan dan manisan
  3. Berkumur dengan air garam hangat sebanyak 3 kali sehari
  4. Kompres leher dengan air hangat

Pencegahan

Virus penyebab amandel ini bersifat menular. Untuk mencegah terserang penyakit ini dapat dilakukan pencegahan berikut ini :
  1. Mencuci tangan dengan baik dan sering dengan cairan anti bakteri
  2. Hindari berbagi makanan, minuman dan alat – alat makanan dengan penderita

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Radang_amandel
http://penyakitamandel.com/

http://medicastore.com/penyakit/57/Tonsilitis_(Radang_Amandel).html
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar